A.
PENGERTIAN PERIKLANAN.
Periklanan atau Promosi (Advertising) adalah suatu bentuk komunikasi yang ditujukan untuk mengajak orang yang melihat, membaca atau mendengarnya untuk melakukan sesuatu. Promosi biasanya mencakup nama prodak atau layanan dan bagaimana prodak dan layanan itu bisa bermanfaat bagi pembeli, untuk mengajak calon pembeli potensial untuk membeli atau mengkonsumsi prodak tertentu. Promosi atau pengiklanan modern berkembang bersamaan dengan berkembangnya produksi masal pada pertengahan abad ke 19 dan awal abad ke 20.
B.Bentuk Periklanan.
Bektu periklanan yang sering kita jumpai di Indonesia yaitu cetak dan non cetak / elektronik. Contoh iklan cetak yaitu spanduk, pamfletr, brosur, dan lain - lain. Sedangkan contoh bentuk non cetak yaitu iklan dan sebagainya.
C. Contoh Periklanan
Di Indonesia contohnya persaingan iklan produk mie instan dapat dikatakan cukup ketat, hal ini dipengaruhi oleh strategi perusahaan yang mengeluarkan lebih dari satu versi untuk iklan produknya. Contohnya adalah Mie Sedaap yang mengeluarkan tiga varian iklan untuk mengiklankan produknya yaitu versi “Nusantara atau Indonesia”, versi “Band Padi”, dan versi “BTL”. Indofood dengan Indomie mengeluarkan lima varian iklan untuk produknya, yaitu versi “Rp 900″, versi “Anak Band” dan versi “AFI”, versi “Ga Bikin Eneg”, dan versi “Adik-Kakak”.
0 komentar:
Posting Komentar